Comments

Tuesday, October 2, 2012

Ada Apa dengan Enterpreneurship atau Wirausaha?

Posted by at 9:45 AM Read our previous post
Dear all LarosPreneur,

Pernah dengarkan istilah "enterpreneur" yang lagi booming akhir-akhir ini. Kampus-kampus di Surabaya, Malang, Jakarta dan bahkan di Banyuwangi sendiri sedang giat-giatnya mencitrakan diri sebagai 'Kampus Enterpreneur' yang artinya mereka siap untuk melahirkan sarjanah-sarjanah berjiwa mandiri enterpreneursial. Ada apa dengan Enterpreneurship? Apa itu Enterpreneurship? Hingga begitu gencar diunggulkan kampus-kampus di negara kita. Hingga diperjuangkan habis-habisan oleh Pak Ir. Ciputra dengan web enterpreneurnya http://ciputraentrepreneurship.com/ yang sangat konsisten membagi-bagikan ilmu kemandirian, keprofesionalan dan ke-enterpreneuran bagi kita kaula muda. Hingga pada Juni 2009 presiden Amerika Serikat, Barrack Obama membuka diri dan mencanangkan kerjasama ke-enterpreneuran dengan 12 negara berkembang yang salah satunya adalah Indonesia seperti yang diberitakan di (klik) www.Okezone.com.

Enterpreneur, sesuai yang dituliskan di (klik) http://ciputraenterpreneurship.com/ dari Wennekers dan Thurik (1999) adalah "...kemampuan dan kemauan nyata seorang individu, yang berasal dari diri mereka sendiri, dalam tim di dalam maupun luar organisasi yang ada, untuk menemukan dan menciptakan peluang ekonomi baru
(produk baru, metode produksi baru, skema organisasi baru dan kombinasi barang-pasar yang baru) serta untuk memperkenalkan ide-ide mereka kepada pasar, dalam menghadapi ketidakpastian dan rintangan lain, dengan membuat keputusan mengenai lokasi, bentuk dan kegunaan dari sumber daya dan instusi."(46-47



Jika kita mau pelajari lagi tentang Enterpreneurship, akan kita temukan beberapa manfaat sebagai berikut :
1. Manfaat pelatihan kemandirian diri kita sendiri.
2. Pengembangan diri sendiri yang mencakup pada :
 - Disiplin
 - Inovasi
 - Mental
 - Dll
3. Membantu orang lain.
4. Mengurangi pengangguran.
5. Turut serta dalam penggerakan roda perekonomian.

Maka dapat disimpulkan bahwa enterpreneurship adalah salah satu solusi yang bisa kita ambil untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian lingkungan dan bangsa kita. Dengan menjadi seorang enterpreneur, kita bisa memberikan manfaat yang besar bagi banyak orang dan bangsa ini.

Tentu segala hak memilih untuk menjadi enterpreneur/wirausahawan atau menjadi staff/karyawan sebuah perusahaan ada pada anda. Anda yang Mahasiswa, PNS, Petani, Buruh pabrik, Ibu rumah tangga, Pengangguran dan apapun yang lain mungkin, tetap berhak penuh untuk tetap pada posisi anda sekarang atau beralih ke satu jalan yang lain yang biasa disebut enterpreneur.

Benarlah adanya, bahwa meskipun banyak orang-orang dengan keadaan ekonomi lemah, orang-orang di lingkungan anda, orang-orang yang anda sayangi dan bahkan orang tua anda mengharapkan hal-hal besar yang bermanfaat bagi orang lain, tetaplah anda yang berhak memilih untuk tetap berada di posisi anda yang sekarang, menempati posisi yang anda impikan sebagai seorang staff di sebuah perusahaan besar setelah wisuda nanti atau beralih ke dunia enterpreneur yang memungkinkan anda bisa memberi manfaat lebih besar lagi kepada kehidupan di sekitar anda.

Atau seperti yang biasa kita dengar bahwa seorang sarjanah pendidikan yang rela menjadi guru honorer dalam waktu yang lama demi mimpinya bisa diangkat PNS. Ini masalah pilihan, dan kehidupan yang mana yang anda pilih? Kehidupan yang seperti apa yang anda inginkan??.

Untuk menumbuhkan kualitas diri sendiri dan mengembangkan perekonomian Banyuwangi yang lebih baik, saya sendiri memilih Enterpreneurship.

Mau berlatih praktek wirausaha? Silahkan disambung membaca ke (klik) Artikel "Berlatih Praktek Enterpreneur Bisnis di Banyuwangi".




Regards.
@Putrowangi

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel di atas, pasti ada komentar yang ingin kamu sampaikan. Silahkan post komentar kamu. Saya tunggu..

©2012 [B3] Blog-Bisnis-Banyuwangi | Harap baca Hak akses | powered by Blogger | Template designed by Stramaxon