Comments

Thursday, October 18, 2012

Kabupaten Banyuwangi dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi

Posted by at 7:01 AM Read our previous post
Kabupaten Banyuwangi adalah daerah paling timur Pulau Jawa. Hingga kini Kabupaten Banyuwangi memiliki julukan yang sangat indah "Sunrise of Java".

Secara greografis Banyuwangi memiliki bentuk yang sangat kompleks. Banyuwangi memiliki laut, pantai, dataran rendah, dataran tinggi dan beberapa gunung. Untuk lautan, Banyuwangi memiliki akses langsung ke selat kecil yang arusnya sangat deras, yaitu Selat Bali dan sekaligus akses menuju Samudra Hindia Luas. Untuk Gunung, beberapa gunung terkenal di Banyuwangi adalah Ijen, Raung, Merapi, Srawet dan Gumitir.


Beberapa titik tujuan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi, diantaranya Kawah Gunung Ijen, Pantai Suko Made rumah para penyu laut, Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Plengkung syurga peselancar, Air Terjun Lider dan masih banyak yang lain.

Penduduk asli Kabupaten Banyuwangi adalah Suku Osing. Suku ini juga memiliki bahasa khas yang disebut Bahasa Osing. Penduduk lain terdiri dari suku Jawa, Madura, Bali dan Bugis turut mendiami Kabupaten Banyuwangi.


Matapencaharian penduduk banyak bergantung pada pertanian dan kelautan. Namun di  tahun 2012 pembangunan wilayah industri mulai digalakkan hingga para investor mulai melirik lahan-lahan industri di Kabupaten Banyuwangi.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terpusat di kota Banyuwangi. terdiri atas 24 kecamatan. Selain itu Banyuwangi merupakan Kabupaten terluas di Provinsi Jawa Timur.

Lambang Kabupaten Banyuwangi

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel di atas, pasti ada komentar yang ingin kamu sampaikan. Silahkan post komentar kamu. Saya tunggu..

©2012 [B3] Blog-Bisnis-Banyuwangi | Harap baca Hak akses | powered by Blogger | Template designed by Stramaxon