Comments

Wednesday, October 10, 2012

Lowongan Banyuwangi dan Jumlah Penduduk Banyuwangi

Posted by at 8:39 AM Read our previous post
Dear all LarosPreneur,

Angka lowongan kerja banyuwangi masih kecil bila dibandingkan jumlah keseluruhan penduduk Banyuwangi. Terbukti masih banyak para pemuda pengangguran yang masih saja sering terlihat. Mereka yang baru lulus SMA bahkan yang baru saja menyandang gelar sarjanah-pun banyak yang sulit mendapatkan pekerjaan. Di sini kita tidak akan mencari siapa kambing hitam yang harus dipersalahkan dalam persoalan ini.

Jika kita lihat bahwa para SDM muda kita yang gigih tetap mencari lowongan pekerjaan, hingga sebagian dari mereka merantau keluar daerah bahkan keluar negeri untuk melepaskan diri dari status pengangguran. Artinya mereka tidak bisa dipersalahkan.


Kini era industri Banyuwangi yang tengah dipersiapkan menawarkan solusi bagi para pengangguran muda Banyuwangi. Tentunya pabrik-pabrik dan badan-badan industri nantinya akan membutuhkan tenaga kerja untuk pengoperasian perusahaan mereka. Hingga para SDM Banyuwangi akan bisa menemukan tempat dimana mereka bisa mencurahkan tenaga sebagai SDM dan keluar dari status pengangguran.

Namun yang perlu dipikirkan ulang adalah, apakah semua pengangguran ini nantinya akan mampu ditampung dan diterima di beberapa perusahaan itu? Apakah beberapa industri ini akan mampu membuka lowongan kerja banyuwangi untuk para SDM?

Dengan membandingkan jumlah penduduk Banyuwangi dan jumlah pabrik yang akan dibangun, saya kira kita sudah bisa mengambil kesimpulan perkiraan bahwa lowongan yang akan dibukakan beberapa pabrik ini belum cukup menampung semua SDM Banyuwangi.

Maka muncullah satu bentuk solusi ke-dua. Yakni dengan keaktifan para wirausahawan Banyuwangi. Tidak hanya memberikan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri, berwirausaha juga berpotensi besar mampu menyerap SDM lain selain sang wirausahawan itu sendiri. Maka dukungan kebijakan yang baik maupun dukungan secara teknis dari pemerintah kepada para wirausahawan sangatlah perlu. Karena selain mengentaskan pengangguran, para wirausahawan juga ternyata akan mampu menggerakkan roda ekonomi lebih cepat. Kegiatan kewirausahaan dapat menunjang kemajuan perekonomian daerah.

Apalagi dengan rencana pembangunan lokasi industri di kawasan Banyuwangi ini, tentu merupakan kesempatan bagi para wirausahawan ini untuk mulai unjuk gigi. Tentunya pabrik-pabrik ini akan membutuhkan berbagai keperluan operasional mereka. Jika para wirausahawan Banyuwangi mampu mengurusi pengadaannya, tentu akan menjadi peluang usaha yang sangat baik.


Namun SDM Banyuwangi masih banyak yang terkendala pada kemauan dan semangat berwirausaha. Mereka merasa akan lebih aman dan nyaman bila mereka bekerja pada pihak lain saja yang pasti-pasti dapat gaji dengan jumlah tertentu perbulannya. Tantangan kesuliatan berwirausaha dan tidakadanya penghasilan yang pasti membuat mereka kurang minat berwirausaha.

Padahal, selain meningkatkan penghapusan pengangguran dan peningkatan perekonomian daerah, berwirausaha juga ternyata bisa meningkatkan kualitas diri para wirausahawan itu sendiri, khususnya di segi kemandirian, kesabaran dan ketelitian. Dan memang hanya mereka yang memiliki jiwa pejuang yang biasanya mau berwirausaha daripada bekerja pada pihak lain.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, jika anda adalah orang-orang yang memiliki jiwa pejuang dan bersemangat berwirausaha, anda bisa praktek berwirausaha dengan bentuk-bentuk usaha yang tidak mengandung banyak resiko.

Contohnya adalah bentuk usaha Layanan Loket PPOB yang tidak membutuhkan banyak modal. Bagi anda yang telah memiliki usaha tertentu, merangkap dengan Bisnis Loket PPOB juga bagus.

Oke, sekian dulu artikel tentang Lowongan Banyuwangi dan Jumlah Penduduk Banyuwangi ini. Mohon koreksi.


Regards.

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel di atas, pasti ada komentar yang ingin kamu sampaikan. Silahkan post komentar kamu. Saya tunggu..

©2012 [B3] Blog-Bisnis-Banyuwangi | Harap baca Hak akses | powered by Blogger | Template designed by Stramaxon