Comments

Friday, October 19, 2012

Mengenal Kab Banyuwangi (Banyuwangikab) Lebih Dekat

Posted by at 8:00 AM Read our previous post
Kab Banyuwangi - untuk Lare Osing Putra Daerah Banyuwangi

Pada postingan kali ini kita akan berusaha mengenal lebih jauh pada kabupaten kita tercinta. Yes, Kabupaten Banyuwangi.

Kabupaten terluas di Jawa Timur yang memiliki batas koordinat 7° 43’ - 8° 46’ lintang selatan dan 113° 53’ – 114° 38’ bujur timur ini memiliki memiliki bentuk geografis yang indah dan mengandung banyak sekali potensi alam. Banyuwangi memiliki wilayah dataran tinggi dan pegunungan yang memiliki potensial besar di bidang perkebunan, memiliki dataran rendah yang sangat cocok ditanami padi sawah dan tanaman ladang. Sedangkan penduduk daerah pantai memiliki penghasilan yang baik dari ikan-ikan yang mereka tangkap di Selat Bali dan Samudra Hindia. Selat Bali adalah selat dengan arus kuat air Laut Jawa menuju Samudra Hindia sehingga merupakan tempat yang sangat cocok untuk menangkap ikan.


Rumah Para Penyu Laut - Sukamade Banyuwangi

Kab Banyuwangi bagian utara adalah wilayah pegunungan yang indah. Timur dan selatan merupakan wilayah pesisir berpantai. Sedangkan bagian barat berupa dataran rendah. Keragaman bentuk geografis Kabupaten Banyuwangi ini juga menyebabkan keberagaman lokasi wisata yang bisa kita pilih dan kunjungi. Wisata gunung seperti Puncak Ijen, Air Terjun Lider, Taman Nasional Alas Purwo hingga lokasi wisata berbasis pantai, yakni Pantai Plengkung syurga para peselancar dunia dan rumah penyu laut Pantai Suko Made, serta masih banyak lokasi wisata lainnya..

Sedangkan batas wilayah Kabupaten Banyuwangi sebelah utara adalah Kabupaten Situbondo, sebelah timur adalah Selat Bali, sebelah selatan adalah Samudera Indonesia dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Jember dan Bondowoso.

Penduduk asli Kabupaten Banyuwangi adalah Suku Osing. Suku ini juga memiliki bahasa khas yang disebut Bahasa Osing. Penduduk lain terdiri dari suku Jawa, Madura, Bali dan Bugis turut mendiami Kabupaten Banyuwangi.


Upacara Kebo-Keboan Adat Banyuwangi

Seni budaya daerah Banyuwangi yang masih dilestarikan hingga sekarang adalah Tari Gandrung, Janger Banyuwangi, Gajah Oling motif batik khas Banyuwangi, Petik Laut - Muncar, Kebo-keboan, Tari Seblang, Musik khas daerah bernama Kuntulan, Lagu Bahasa Osing dan masih banyak lainnya.

Kini Kab Banyuwangi juga telah memiliki akses transportasi yang semakin lengkap. Banyuwangi telah memiliki Lapangan Terbang Blimbingsari - Rogojampi, Pelabuhan - Ketapang, beberapa terminal dan stasiun di tempat-tempat strategis dan akses jalan raya yang cukup baik.

Jadi, bagi para Lare Osing Putra Daerah Banyuwangi, Kab Banyuwangi telah memberikan semua yang kita butuhkan. Mari kita berkarya dengan apa yang sudah ada, karena semua kebutuhan kita sudah terpenuhi di Banyuwangi. Kalau bukan kita yang mau menggunakan semua fasilitas dan perlengkapan ini, mungkin fasilitas-fasilitas penting ini hanya akan dimanfaatkan putra-putri dari daerah lain.

For : All Laros
Mari berkarya di Kabupaten Banyuwangi. Berkarya di rumah sendiri.

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel di atas, pasti ada komentar yang ingin kamu sampaikan. Silahkan post komentar kamu. Saya tunggu..

©2012 [B3] Blog-Bisnis-Banyuwangi | Harap baca Hak akses | powered by Blogger | Template designed by Stramaxon