Comments

Monday, October 22, 2012

Pantai Banyuwangi - Keindahan Pesisir Timur Pulau Jawa

Posted by at 2:24 AM Read our previous post
Pantai Banyuwangi terletak di beberapa lokasi di kawasan Kab Banyuwangi. Tidak hanya satu atau dua saja pantai yang menjadi lokasi tujuan berwisata di Banyuwangi. Ternyata ada lebih dari 7 (tujuh) lokasi Pantai di Banyuwangi. Tak heran, bahwa selain memiliki kekayaan bahari hasil laut yang melimpah, Banyuwangi juga memiliki potensi daerah wisata unggulan Indonesia. Belum lagi objek wisata lain seperti air terjuan, hutan lindung dan puncak gunung berkawah indah. Jika semua itu dapat dikelola dengan baik, akan mampu menghasilkan potensi daya tarik luar biasa bagi para wisatawan manca negara maupun domestik.

Kali ini kita akan fokus ke Pantai Banyuwangi, mari kita kupas satu persatu.

1. Pantai Watudodol
Pantai ini berjarak sekitar 1KM dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Disebut Pantai Watudodol karena pantai tersebut berdekatan dengan jalan raya. Sedangkan di tengah-tengah jalan raya tersebut terdapat batu besar seperti tugu yang menjulang. Dari pantai ini kita bisa melihat pulau bali dengan jelas. Sesekali akan terlihat turis manca negara berkunjung di pantai ini.

2. Pantai Pancoran
Pantai Pancoran berada di Kecamatan Rogojampi. Lokasinya masuk ke arah selatan dari jalan raya. Tidak seperti Watudodol yang berada di pinggir jalan raya. Pantai ini kini telah dilengkapi wahana rekreasi air yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga.

3. Pantai Blimbingsari
Pantai Blimbingsari masih berada di kawasan Kecamatan Rogojampi. Di pantai ini kita bisa menikmati makanan ikan bakar di tepain laut. Tentunya memberikan kesan yang berbeda ketika mnyantap ikan bakar di lokasi pantai. Anda pulang dengan hati senang dan perut kenyang.

4. Pantai Cacalan
Pantai ini masih berhadapan dengan Pulau Bali. Sehingga kita bisa melihat Pulau Bali bagian utara dengan baik. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Banyuwangi Kota Kabupaten.

5. Pantai Grajagan
Pantai ini sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal, apalagi disaat-saat hari libur nasional. Meskipun jalan yang harus ditempuh lumayan terasa jauh dan melalui hutan jati milik Perhutani yang sepi, namun keindahan pantai ini tetap mampu menarik hati para pengunjung. Pantai inilah yang dikabarkan pernah terkena Tsunami kecil. Dikatakan bahwa ada bekas patahan di dasar lautan arah ke Samudra Hindia.

6. Pantai Plengkung (G-Land)
Merupakan pantai syurga bagi para peselancar nasional maupun internasional. Ombak tinggi yang ditampilkan sangat indah dan merupakan tantangan yang mengasyikkan bagi para peselancar profesional. Akses jalan ke lokasi  Pantai Plengkung (G-Land) cukup jauh dari pusat kota.


7. Pantai Pulau Merah
Pantai ini memiliki beberapa keunikan. Pertama, berada di dekat Gunung Tumpang Pitu yang disinyalir mengandung berbagai kekayaan tambang. Ke-dua, jika air pasang ombak menjadi besar dan banyak wisatawan asing berselancar di sana. Ke-tiga, jika air surut kita bisa berjalan kaki mengunjungi sebuah pulau kecil penuh tumbuhan yang hanya ketika surut lah kita bisa berjalan kearahnya dan menikmatinya dari jarak dekat. Maka akan terlihat tanah pulau itu yang berwarna merah.

8. Pantai Lampon
Pantai Lampon juga dikenal sebagi pantai berombak tinggi. Di sana terdapat tebing-tebing penghancur ombak. Ombak yang menabrak tebing berhamburan membentuk semacam hujan sekejap yang berulang-ulang. Dari hujan-hujan kecil yang sekejap itu, jika cuaca cerah akan menghasilkan pelangi kecil yang indah. Pelangi ini disebut Pelangi Naga Sara. Pantai ini berada di kawasan Markas TNI dan tidak dikenakan biaya untuk memasukinya, sehingga bagi mereka yang memiliki uang pas akan lebih memilih pergi ke pantai ini.


9. Pantai Suka Made
Pantai ini merupakan rumah bagi para penyu laut. Pantai ini juga masuk dalam cagar alam yang dilindungi sehingga penyu-penyu yang pulang untuk bertelur itu tetap terlindung. Para wisatawan bisa bermain-main dengan para bayi penyu, menyaksikan proses bertelurnya penyu dewasa dan berfoto bersama penyu dewasa yang berukuran besar.


Masih ada pantai-pantai Banyuwangi lain yang perlu dirawat dan dipublikasikan. Sementar sembilan pantai ini yang bisa kami informasikan. Selamat memilih, mau ke pantai mana saja rencana anda? Visit Banyuwangi Please.

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel di atas, pasti ada komentar yang ingin kamu sampaikan. Silahkan post komentar kamu. Saya tunggu..

©2012 [B3] Blog-Bisnis-Banyuwangi | Harap baca Hak akses | powered by Blogger | Template designed by Stramaxon