Comments

Wednesday, February 4, 2015

Kompetensi Profesional Guru Hebat dan Penerapannya

Posted by at 10:55 PM Read our previous post
Kompetensi Profesional Guru - Halo pembaca sekalian. Kali ini kita akan membahas tentang 4 poin kompetensi guru. Seperti yang disebutkan kompetensi.info tentang kompetensi guru bahwa kompetensi guru dan dosen telah diatur UUD dan bisa dipahami dengan 4 poin seperti di bawah ini :

A. Kompetensi Pedagogik
Pada poin ini Guru diharapkan dapat mengenali siswa-siswanya (peserta didik), merancang dan menjalankan proses pembelajaran, mengevaluasi hasil dari proses pembelajaran tersebut dan membantu siswa-siswanya dalam mengaktualisasi bakat dan minatnya.


B. Kompetensi Kepribadian
Poin kepribadian ini mendorong para guru untuk menampilkan kepribadian yang baik. Diantaranya menampilkan diri sebagai manusia yang telah matang, stabil, berwibawa, arif, bijaksana, berakhlak mulia dan mampu menjadi teladan yang baik bagi para siswanya.

C. Kompetensi Profesional Guru
Pada dasarnya keprofesionalitasan sangat terkait dengan posisi guru yang berada di bawah pimpinan kepala sekolah dan tanggung jawab menyeluruh terhadap pendidikan para siswanya di lingkungan sekolah. Namun yang lebih di sorot kali ini adalah kemampuan dirinya dalam menguasai materi pembelajaran, materi-materi yang bisa mendukung proses pengajaran beserta kurikulum, struktur dan pola pikir keilmuan yang semuanya diharapkan dapat membantu guru dalam menggelar proses pembelajaran yang baik dan efektif.

D. Kompetensi Sosial
Kompetensi sosial tentu saja sangat terkait dengan kemampuan berkomunikasi dan positioning dalam hubungannya dengan para siswa, hubungannya dengan sesama guru dan atasan, ketika berkomunikasi dengan wali siswa dan masyarakat sekitar. Tentunya hubungan dan komunikasi yang baik itu akan membuat proses pengajaran semakin baik sekaligus memberikan contoh kepada para siswa bagaimana cara bersosial dengan baik.

No comments:

Post a Comment

Setelah membaca artikel di atas, pasti ada komentar yang ingin kamu sampaikan. Silahkan post komentar kamu. Saya tunggu..

©2012 [B3] Blog-Bisnis-Banyuwangi | Harap baca Hak akses | powered by Blogger | Template designed by Stramaxon